Kamis, 16 Agustus 2007

DISIPLIN DIRI

tahun 2007, ditetapkan sebagai tahun disiplin diri, yakni:

1. DISIPLIN TUBUH
harus menyempatkan diri untuk olahraga, memelihara kesehatan, makanan, meditasi, yoga, olahtubuh dan mengelola tubuh secara lebih terfokus. Pada "tubuh"lah hidup ini menjadi, tubuh adalah media, tubuh adalah lagu, tubuh adalah puisi, tubuh adalah kendaraan kepentingan, tubuh adalah dirinya sendiri.

2. DISIPLIN IBADAH
"tidaklah diciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu" kata Allah SWT dalam al Qur'anul karim. Maka disiplin ibadah harus terus ditingkatkan, disamping shalat wajib, tidak boleh melupakan shalat sunat dhuha dan tahajud, juga sunat rawatib lainnya, juga ibadah-ibadah yang lain seperti; mengaji, wirid, dan shalawatan dan lainnya. Ibadah dengan kenikmatan estetika adalah dambaan setiap insan yang diberi berkah keindahan dan kemaknaan dalam ketidakberhinggaan.

3. DISIPLIN BERKARYA
usia sudah menua, umur telah mematang, sudah saatnya mengorientasikan diri untuk berkarya. Sendagurau, no way! Manusia hanya dapat dilihat dari karya - karyanya. Dan karya - karya yang sukses adalah sumber dari dukungan publik. Dukungan publik adalah katakunci dari kemenangan atas mesin kehidupan.

4. DISIPLIN NURANI
tiada kita yang lebih hebat, kecuali yang bisa mengola nuraninya menjadi lembut, peka, sabar, tangguh, kokoh dan sanggup menanggung derita dunia dan masyarakatnya. Orang - orang cengeng dan lemah hanyalah menjadi beban yang sering terabaikan. Maka diperlukan jiwa - jiwa yang perkasa, pantang menyerah, yakin terhadap pilihan- pilihannya dan selalu setia pada kejujuran, kebenarann dan penderitaan rakyat.

5. DISIPLIN BERFIKIR
beda manusia dengan binatang, adalah karena manusia berfikir. Adanya manusia justru karena dia berfikir. Betapa luasnya ilmu pengetahuan yang harus direview kembali untuk tidak menjadi redzim pendindasan. Teknologi harus ditundukan kedalam moral. Dan setiap fenomena adalah bukti pembelajaran yang nyata. Pada orang - orang berfikirlah dunia ini diwariskan.

Jakarta, 16 agustus 2007

Tidak ada komentar: