Minggu, 01 Februari 2009

Kalender Pharmanegara

Dalam waktu dekat, etnoforum akan menerbitkan Kalender lengkap yang menyatukan berbagai kalender dalam satu wahana saja. Ini merupakan perpaduan kalender lunar, solar dan lunisolar diseluruh dunia. Perpaduan kalender pra islam, hijriah, hijriah persia, mesir, china, yahudi, caka, jawa, budha, sunda, iran, jepang / sumera, romawi, julian, gregorian, masehi, anno domini, dan berbagai etno lain di dunia. Walau diantara kalender tersebut ada merupakan varian, turunan maupun kompilasi dari berbagai kalender. Namun penerbitan dalam satu wahana kalender merupakan sauatu yang baru.
Kalender ini juga memasukan horoscope cina dan india, pranata mangsa karya susuhunan pakubuwono VII, pemahaman astrologi, petanda - petanda alam, hari-hari penting sedunia, kelahiran -tokoh, bioritme, tafsir - tafsir dan segala informasi yang dimungkinkan yang masih berhubungan dengan sang waktu.
Diupayakan pula, dapat dimasukkan astronomi trasidisional dan modern, kedudukan bintang - bintang dan kajian astrofisika lainnya.
Kalender ini akan diproduksi dalam kurun waktu dekat, selama uji coba akan dinamakan KALENDER PHARMANEGARA yang bila diterima oleh pihak Indonesia, akan menjadi Kalender Indonesia.